Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Rabu, 16 November 2016

Setyaki


Nama Lain
1.      Raden Harya Setyaki,
2.      Raden Sencaki,
3.      Raden Satyaki,
4.      Raden Wresniwira,
5.      Raden Wresniwirandaka,
6.      Raden Singamulangjaya,
7.      Raden Bima Kunthing,
8.      Raden Tambakyuda,
9.      Raden Yuyudana,
10.  Raden Padmanegara,
11.  Raden Siniputra.

Nama Kecil
-          Raden Setyaki
Pusaka          
-          Gada Wesikuning, Panah Nagabanda.
 Kesaktian       
-          Aji Jayapurusa
Tinggal          
-          Kasatriyan Garbaruci/Lesanpura/Swalabumi.
 Nama Ayah     
-          Prabu Setyajid
Nama Ibu     
-          Dewi Wresini
Nama Istri
-          Dewi Setyanwati/Garbarini.
Nama Anak
-          Raden Harya Sanga/Sanga-Sanga.
Saudara        
-          Dewi Setyaboma
Ciri-ciri
Raden Setyaki menggunakan busana, yaitu : irah-irahan gelüng sapit urang, jamang sungsün loro, sumping mangkara, bledhegan utah-utah panjang, kalüng penanggalan, kelat bahu candrakirana, gelang tangan candrakirana, gelang kaki ngangrangan, memakai celana panjang cindhe danmemakai kain jangkahan satriya, konca bayu, bermotif poleng. Raden Setyaki bermata kedhelen, hidung pideksa, bentuk mulut salitan brengos, mempunyaijenggot, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah lanyap, posisi kaki jangkah. Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna merah tua. Raden Setyaki mempunyai bentuk badan sedang dan bersuara besar.
Watak
Raden Setyaki mempunyai watak setia kepada orang tua, saudara tua, negara dan rajanya. Raden Setyaki juga memiliki watak pendiam, berbicara seperlunya saja. Sebagai seorang panglima perang, dia mempunyai kedisiplinan dan ketegasan yang tinggi. Raden Setyaki juga seorang ksatria yang mudah marah, dia mempunyai prinsip pantang mundur sebelum musuh dapat dikalahkan.
Cerita

Raden Setyaki adalah ksatria yang memiliki porsi tubuh pendek, berbadan gempal (cebol) tetapi mempunyai kekuatan yang luar biasa. Sumber kekuatan itu terletak pada genggaman tangannya yang terkandung Aji Jayapurusa. Kesaktian itu menghasilkan berat hantaman tangannya 10x lebih berat dibanding berat hantaman tangan musuh. Apabila berat hantaman tangan musuh adalah 3kg, maka berat hantaman tangan Raden Setyaki adalah 30kg. Raden Setyaki juga mempunyai pusaka gada Wesikuning yang berkhasiat mampu menghancurkan segala macam kekuatan yang berani menandinginya. Raden Setyakisangat setia kepada kakak iparnya, yaitu Prabu Kresna. Ketika terjadi lakon “Bedhahe Dewiarawati”, Raden Setyaki bisa mengalahkan kesaktian Raden Singamulangjaya. Radenaganya menyatu dengan raga Raden Setyaki, sehingga menambah kekuatan dan kesaktiannya. Ia juga mendapatkan pusaka gadaWesikuning dari Raden Singamulangjaya. Semasa hidup, Raden Setyaki selalu bermusuhan dengan ksatria dari kasatriyan Cindhekembang, yaitu Raden Burisrawa. Raden Setyaki gugur dalam lakon “Parikesit Lair”, jenazahnya ditemukan terjepit di bawah pintu gerbang istana, setelah terjadi huru-hara akibat Bambang Aswatama yang akan membunuh Raden Parikesit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar