Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Rabu, 05 Juli 2017

Durmagati


Nama Lain: ----------------------------
Nama Kecil: ----------------------------
Pusaka: R Durmagati tidak mempunyai senjata pusaka.
Kesaktian: R Durmagati tidak mempunyai aji kesaktian.
Tinggal: Kasatriyan Sobrah Lambangan/Sobrah Blambangan.
Nama Ayah: Prb Dhêstharastra
Nama Ibu: Dw Gêndari
Nama Istri: ---------------------------
Nama Anak: --------------------------
Saudara:
1.       R Durgandasena,
2.      R Pêrmeya,
3.      R Naranurwenda,
4.      R Durprakêmpa,
5.      R Windandini,
6.      R Durmuka dan lain-lain
Ciri-ciri
R Durmagati menggunakan busana, yaitu; irah-irahan wungkalan, sumpîng surèngpati, jamang sungsun loro, kalung pênanggalan, kêlat bahu ngangrangan, gelang tangan punggawa wajikan, gelang kaki binggêl, memakai celana panjang cindhe dan memakai kain jangkahan satriya. R Durmagati bermata plêlêngan, hidung wungkal gêrang, bentuk mulut gusèn memakai kumis, mempunyai jenggõt dan wõk, rambut ngore, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah lanyap, posisi kaki jangkah. Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna hijau, biru atau merah muda/tua. R Durmagati mempunyai bentuk badan kecil (gemuk dan pendek) serta bersuara agak besar dengan logat yang lucu.
Watak
R Durmagati  mempunyai watak yang lebih baik dibanding R Citraksi dan R Citraksa. Dia termasuk ksatria yang banyak bicara namun kadangkala berisi petuah tentang kebenaran. Hal itu seringkali membuat Patîh Sêngkuni dan Pandhita Durna merasa terpojok. Pada akhirnya, semua ucapannya tidak digubris sama sekali oleh semua anggota Kurawa. R Durmagati adalah seorang yang periang danA suka bercanda. Sikapnya sering banyak menghibur siapa saja yang bertemu dengannya, tetapi kadang-kadang juga membuat orang lain merasa jengkel.
Cerita

R Durmagati  termasuk salah satu bagian dari para Kurawa. Dalam pertunjukan wayang kulit, dia terkesan hanya menjadi peran pelengkap saja. Kehadirannya hanya sekedar untuk memancing gelak tawa penonton. R Durmagati bersuara agak besar dengan logat yang agak mirip dengan orang dari suku Madura. Walaupun menjadi bagian dari keluarga Kurawa, dia sering membela Pandhawa. Dia termasuk ksatria yang peka terhadap permasalahan yang sebenarnya terjadi. Apabila Patîh Sêngkuni dan Pandhita Durna memerintahkan supaya membunuh para Pandhawa, dia langsung menasehati dengan bahasa yang sulit dibantah. Pada akhirnya dia hanya menurut apa yang telah diputuskan para Kurawa, walaupun semua itu dilakukan dengan hati terpaksa. R Durmagati menjadi korban keganasan perang Baratayuda, ia tewas di tangan R Wêrkudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar