Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Sabtu, 17 Juni 2017

Bilung



Bilung

Nama Lain:
1.       Bilung,
2.      Trembilung,
3.      Sarawita.
Nama Kecil: mBilung
Pusaka: mBilung tidak mempunyai senjata pusaka.
Kesaktian: mBilung tidak mempunyai ajian kesaktian.
Tinggal: Ia mengikuti kemanapun Togog tinggal.
Nama Ayah:  -------------------------------
Nama Ibu: -------------------------------
Nama Istri: mBilung tidak mempunyai istri.
Nama Anak: mBilung tidak mempunyai anak.
Saudara Angkat: Togog
Ciri-ciri
mBilung menggunakan busana sangat sederhana, yaitu; irah-irahan gundhulan, gelang tangan dhagelan, kalung dhagelan berupa kepingan uang koin, gentha (lonceng), kerang dan sebagainya, memakai senjata golok, serta memakai kain dhagelan. mBilung bermata plelengan, hidung pèsèkan,bentuk mulut hanjebèr, bentuk rambut ceplok, bentuk jari tangan dhagelan, arah wajah lanyap dan posisi kaki jangkah. Sunggingan badan berwarna emas, hitam dan lain-lain, sedangkan wajahnya berwarna emas atau putih. mBilung mempunyai bentuk badan kecil, berpostur pendek dan mempunyai suara kecil melengking. Ciri khas mBilung adalah bentuk mulutnya dan bentuk rambutnya.
Watak
mBilung berwatak pamomong yang berarti bisa bergaul, memahami dan mengasuh. Dia juga seorang sangat setia dalam mengabdi. mBilung juga seorang yang senang dengan kemewahan duniawi. mBilung mempunyai watak yang ceria, usil, kurang penurut tetapi juga mempunyai pemikiran yang agak kritis dibanding Togog.
Cerita
Kisah terjadinya mBilung tidak begitu jelas. Berbagai referensi buku tidak ada yang dapat menjelas asal-usul mBilung secara terperinci. Iatermasuk seorang abdi yang bertugas mengasuh ksatria. Tugas yang diemban mBilung sama dengan Togog.
Seperti halnya Togog, mBilung juga sering melontarkan saran kebaikan kepada tuannya. Mungkin karena sudah menjadi takdir, saran tersebut selalu diabaikan. Kehadiran mBilung dan Togog dalam sebuah pertunjukan wayang kulit sering menjadi perpaduan dua karakter yang sangat menghibur.
Riwayat kematian mBilung tidak begitu jelas. Tetapi ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa mBilung mati di tangan R Werkudara.Peristiwa itu terjadi pada saat-saat akhir dari perang Baratayuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar