Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Rabu, 05 Juli 2017

Gendari


Nama Lain: Dw Gandari
Nama Kecil: Dw Gendari
Pusaka: Dw Gendari tidak mempunyai senjata pusaka.
Kesaktian: Dw Gendari tidak mempunyai ajian kesaktian.
Tinggal: Keputrèn Kadipatèn Gajahoya
Nama Ayah: Prb Gendara / Keswara
Nama Ibu: Dw Gandini
Nama Suami: Prb Dhestharastra
Nama Anak:  Seluruh anaknya berjumlah 100 orang dan selanjutnya disebut dengan KURAWA, diantaranya adalah;
1.       R Abaya,
2.      R Aparajita,
3.      R Bimarata,
4.      R Citrabana,
5.      R Citrakundhala,
6.      R Dîrgalocana,
7.      Dw Dürmarsana,
8.      R Jaladasa,
9.      R Ekatana,
10.   R Ugayuda,
11.    R Sarasana,
12.   R Wiwîngsati,
13.   R Upacitra dan lain-lain.
Saudara:
1.       Patîh Sengkuni,
2.      R Gandarya,
3.      R Sarabasata
4.      R Gajaksa.
Ciri-ciri
Dw Gendari menggunakan busana, yaitu; irah-irahan cewasan, sumpîng gajah ngolîng, jamang sungsün loro, memakai rimõng, kalüng penanggalan, kelat bahu ngangrangan, gelang tangan calumpringan, gelang kaki binggel dan memakai kain putrèn. Dw Gendari bermata liyepan, hidungwalimirîng, bentuk mulut salitan, mempunyai rambut ngore, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah lanyap, posisi kaki rapet. Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna emas. Dw Gendari mempunyai bentuk badan kecil dan bersuara kecil.
Watak
Dw Gendari mempunyai watak jahat, licik, penuh perhitungan, iri hati, pendendam dan pandai merayu. Sifat yang paling menonjol adalah berkeinginan memiliki sesuatu dengan menghalalkan segala cara.
Cerita
Dw Gendari bersedia menjadi istri Prb Dhestharastra karena terpaksa dan merasa kasihan. Pada lakon “Sayembara Kunthi”, R Pandhu berhasil keluar sebagai pemenang sayembara, lalu dapat memboyong Dw Kunthi. R Narasoma yang waktu itu juga mengikuti sayembara juga kalah dan menyerahkan adiknya yang bernama  Dw Madrîm kepada R Pandhu. Di tengah perjalanan, R Pandhu beserta kedua calon istrinya bertemu dengan R Trigantalpati dan Dw Gendari. Sebagai ksatria yang berwatak sombong, R Trigantalpati menantang perang kepada R Pandhu. Pada akhirnya R Trigantalpati dapat dikalahkan dan menyerahkan kakaknya untuk diperistri R Pandhu.

R Pandhu teringat akan kakaknya yang buta dan belum mempunyai istri. R Pandhu kemudian menyerahkan ketiga calon istrinya untuk dipilih salah satu oleh kakaknya. R Dhestharastra akhirnya memilih Dw Gendari sebagai istrinya. Semenjak kejadian itu, Dw Gendari mempunyai rasa benci dan dendam yang mendalam kepada R Pandhu. Dw Gendari juga bersumpah supaya anak-anaknya kelak selalu bermusuhan dengan anak-anak R Pandhu.Akhir hidup Dw Gendari adalah pada saat Prb Kresna berubah menjadi raksasa dan mengamuk di istana Ngastina. Pada waktu itu tembok istana runtuh dan menimpa Dw Gendari beserta suaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar