Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Rabu, 05 Juli 2017

Pandhudewanata


Nama Lain:
1.       Prb Dewanata,
2.      Prb Pandhudewayana,
3.      Prb Gandawastra.
Nama Kecil: R Sudarma
Pusaka:
·         Jamang Retna Maningkem,
·         Lenga Tala,
·         Panah Hardhadhedhali,
·         Keris Kyai Pulanggeni.
Kesaktian: Prb Pandhu mempunyai tenaga yang sangat kuat karena mempunyai Aji Ketüg Lindhu.
Tinggal: Negara Ngastina
Nama Ayah: Begawan Abiyasa
Nama Ibu: Dw Ambiki/Ambaliki
Nama Istri:
1.       Dw Kunthi,
2.      Dw Madrîm.
Nama Anak:
1.       R Puntadewa (dari ibu  Dw Kunthi),
2.      R Werkudara (dari ibu  Dw Kunthi),
3.      R Harjuna (dari ibu Dw Kunthi),
4.      R Nakuladan
R Sadewa (dari ibu Dw Madrîm).
Saudara:
1.       Prb Dhestharata,
2.      R Yamawidura/Ramawidura
Ciri-ciri
Prb Pandhu menggunakan busana, yaitu; irah-irahan makutha, sumpîng mangkara, kalüng ulür-ulür, kelat bahu ngangrangan, memakaipraba, gelang tangan calumpringan, gelang kaki ngangrangan binggel dan memakai kain bôkôngan bunder. Prb Pandhu bermata liyepan, hidungwalimirîng, bentuk mulut salitan tanpa kumis, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah lurüh, posisi kaki rapet.  Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna emas atau hitam. Prb Pandhu mempunyai bentuk badan kecil dan bersuara agak besar.
Watak
Prb Pandhu berwatak pendiam, tenang, adil, bijaksana dan penuh cinta kasih kepada sesama. Prb Pandhu juga mempunyai watak mudah marah dan mudah terpengaruh oleh bujuk rayu orang lain.
Cerita

Ketika masih muda, Prb Pandhu bernama R Pandhu. Pada saat masih bayi, R Pandhu sudah menjadi utusan para Dewa untuk membinasakan musuh Khayangan yaitu Prb Nagapaya. Pada waktu Khayangan Bendharata, tempat bersemayam Bathara Indra akan dirusak oleh Prb Kalaruci, R Pandhu yang dapat membinasakannya. Raja raksasa dari negara Prînggôndani bernama Prb Tremboko juga kalah oleh kesaktian R Pandhu. Karena jasa-jasanya yang besar terhadap pada Dewa tersebut, R Pandhu dianugerahi pusaka berupa; Jamang Retna Maningkem, Panah Kyai Hardhadhedhali dan minyak sakti bernama Lenga Tala. Ketiga pusaka tersebut terkenal sangat ampuh. R Pandhu juga dianugerahi gelar nama yaitu Prb Dewanata. SetelahPrb Pandhu wafat, pusaka-pusaka tersebut dirawat oleh Begawan Abiyasa. Pusaka Lenga Tala mempunyai khasiat tidak mempan terhadap senjata tajam jika dioleskan pada badan seseorang. Suatu ketika, Lenga Tala diperebutkan oleh Pandhawa dan Kurawa. Semua itu terjadi karena akal licik dari Patîh Sengkuni dan Dw Gendari yang akan menguntungkan para Kurawa. Prb Pandhu meninggal dunia karena sakit yang diderita setelah terluka oleh pusakanya sendiri pada saat berperang dengan Prb Tremboko. Kematian Prb Pandhu juga akibat kutukan dari Resi Kimindama yang mati terkena panah Prb Pandhu pada saat Resi Kimindama memadu kasih dengan istrinya sambil berubah wujud menjadi sepasang kijang. Sebelum meninggal dunia, Resi Kimindama berpesan bahwa suatu saat Prb Pandhu juga akan mati ketika akan berhubungan intim dengan istrinya (Dw Madrîm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar