Wayang Kulit MP3

Wayang Kulit Mp3 -- "Nguri - Uri Budaya Jawa"

Terbaru

Rabu, 05 Juli 2017

Sarojakusuma


Nama Lain:
1.       R Lesmana Mandrakumara,
2.      R Dakumara,
3.      R Jakumara,
4.      R Sarjakusuma.
Nama Kecil: R Sarojakusuma
Pusaka: R Sarojakusuma tidak mempunyai pusaka.
Kesaktian: R Sarojakusuma tidak mempunyai aji kesaktian.
Tinggal: Kasatriyan Sarojabinangun
Nama Ayah: Prb Duryudana
Nama Ibu: Dw Banowati
Nama Istri: Dw Nurwandini
Nama Anak: R Dewakumara
Saudara: Dw Lesmanandari/Lesmanawati
Ciri-ciri
R Sarojakusuma menggunakan busana, yaitu; irah-irahan cewasan, sumpîng mangkara, jamang sungsun loro, kalung penanggalan, kelat bahu ngangrangan, gelang tangan calumpringan, gelang kaki ngangrangan dan memakai kain jangkahan satriya. R Sarojakusuma bermata thelengan, hidungbentulan, bentuk mulut salitan (ada yang memakai kumis), rambut ngore, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah luruh, posisi kaki jangkah.Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna emas, putih atau biru/hijau muda. R Sarojakusuma mempunyai bentuk badan kecil dan bersuara kecil melengking.
Watak
R Sarojakusuma mempunyai watak manja, iri hati, kejam, kurang perhitungan dan gemar bertabiat buruk. R Sarojakusuma memiliki kebiasaan gemar mengumbar hawa nafsu dan malas bekerja. Apabila mempunyai keinginan, cukup hanya memerintahkan kepada pelayan-pelayannya.
Cerita

R Sarojakusuma adalah ksatria yang terbiasa hidup mewah dan dimanja oleh kedua orang tuanya. Dia merasa menjadi seorang putra mahkota yang hidup bergelimang harta serta mempunyai pasukan yang kuat. Sejak kecil, R Sarojakusuma enggan berpikir berat, bertapa dan tidak mau mempelajari olah bela diri. Sampai akhirnya dewasa, dia menjadi ksatria yang tidak mempunyai kesaktian. Apabila berbicara, R Sarojakusuma bersuara kecil melengking, nadanya berubah-ubah, sambil berteriak, cenderung seperti orang bernyanyi dan tidak jelas inti sari pembicaraannya. Banyak orang beranggapan bahwa, R Sarojakusuma adalah ksatria yang agak gila. Selama hidupnya tidak pernah tercapai apa yang yang diinginkan, terutama dalam hal memperoleh istri. Apabila berjalan disertai dengan berjoget, maka perilaku itu hanya menjadi bahan tertawaan para Kurawa dan prajuritnya sendiri. Setiap R Sarojakusuma mempunyai cita-cita, selalu kalah dengan para putra Pandhawa. Sampai akhirnya hanya bisa pulang sambil menangis berguling-guling layaknya seorang anak kecil. R Sarojakusuma mati dalam perang Baratayuda, dia tewas terkena keris R Abimanyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar